Curug Silangit

Tempat wisata Curug Silangit adalah tempat wisata alam yang memiliki ketinggian kurang lebih 30 meter dan letaknya berada paling atas.Tempat wisata ini terletak di dusun jeketro desa kaligono kecamatan kaligesing kabupaten purworejo provinsi jawa tengah atau kurang lebih sekitar 16 km dari pusat kota purworejo.Untuk htm para penelusur cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 2500,-/orang dan parkir motor hanya sebesar Rp 1000,-.

Di tempat wisata ini sudah terdapat fasilitas penunjang untuk para penelusur yaitu kamar mandi dan juga beberapa warung makan. Curug di area ini terdiri dari 3 tingkat curug yang terdiri dari Curug Siklotok yang terletak paling bawah, lalu ada curug yang berada di tengah, dan yang paling atas yaitu Curug Silangit. Para penelusur tidak bisa membawa kendaraan sampai ke dekat curug karena kondisi yang nggak memungkinkan sehingga kendaraan di parkir di tempat yang sudah di sediakan oleh para pengelola dan setelah itu para penelusur diharuskan berjalan kaki kurang lebih 60 menit.

Jalan menuju Curug Silangit dibuat dari susunan batu yang rapi sehingga memudahkan pengunjung yang ingin menuju lokasi curug tetapi para penelusur tetap harus hati hati karena saat hujan jalanan akan menjadi sangat licin. Selama perjalanan para penelusur akan selalu ditemani oleh aliran sungai dengan beberapa jeram yang cukup tinggi dengan bebatuan bebatuan besar yang tentunya menambah keindahan serta terdapat juga beberapa jembatan dari bambu yang menambah kental suasana tradisional dari tempat ini.

Selain itu para penelusur selama perjalanan juga akan menemui kandang hewan ternak khas desa tersebut yaitu kambing etawa. Dan tepat sebelum sampai di lokasi Curug Silangit para penelusur harus menyusuri pinggiran sungai dengan bebatuan yang tak beraturan sehingga menghasilkan jeram yang sangat indah dengan air yang sangat jernih sehingga dasar dari sungai terlihat dengan sangat jelas.Untuk mencapai Curug Silangit kita harus melewati diantara dua curug yang berada tepat di bawah curug silangit.

Tempat wisata Curug Silangit ini berada di area sekitar 30 meter karena letaknya paling atas diantara curug yang lainnya. Para penelusur tidak bisa mandi di tempat wisata ini walaupun terdapat kedung/kolam yang ada tepat dibagian bawah curug karena sangat berbahaya. Potensi alam bukit menoreh, suasana pedesaan dusun Jekerto, eksotisme dari curug yang bertingkat-tingkat terangkum menjadi satu dalam satu tempat, menjadikan tempat ini layak dan menjadi pilihan untuk mengisi akhir pekan atau liburan bersama pacar, teman, ataupun keluarga.

Para penelusur nggak usah khawatir karena kami akan tunjukkan rute menuju lokasi tempat wisata Curug Silangit dari pusat kota purworejo. Berjarak 16 km ke arah timur dari pusat kota purworejo melalui jalur purworejo – kaligesing.Lokasi curug silangit ini sangat mudah dijangkau dikarenakan letaknya yang tak jauh dari tepi jalan kaligesing. Perjalanan menuju lokasi bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum.Jika para penelusur menggunakan angkutan umum jurusan purworejo – kaligesing yang terminal angkotnya ada di belakang pasar baledono kemudian turun di balai desa somongari.

Sedangkan bagi pengguna kendaraan roda dua atau empat, kendaraan bisa di parkirkan di balai desa atau rumah penduduk sekitar. Selanjutnya dari tempat parkir perjalanan diteruskan dengan berjalan kaki sejauh kurang lebih 4km atau 60 menit. Tempat wisata Curug Silangit masih sangat alami karena belum begitu banyak pengunjung maka para penelusur akan merasakan suasana yang sangat damai dan tentang. Oh ya penelusur jangan lupa bawa air mineral ya karena untuk menuju ke lokasi akan sangat melelahkan.

Berjarak 16 km ke arah timur dari pusat kota Purworejo melalui jalur Purworejo – Kaligesing.  Lokasi Curug Silangit ini sangat mudah dijangkau, karena letaknya tak jauh dari tepi jalan raya Kaligesing. Perjalanan menuju ke sana bisa ditempuh dengan angkutan umum ataupun kendaraan pribadi. Jika menggunakan angkutan umum, bisa menggunakan angkutan umum jurusan Purworejo-Kaligesing yang terminal angkotnya berada di belakang Pasar Baledono, lalu turun di balai Desa Somongari. Ongkos kendaraan umum sebesar Rp 5000 per orang.

Sedangkan bagi pengguna kendaraan roda dua atau roda empat, kendaraan bisa diparkirkan di balai desa tersebut atau di halaman rumah penduduk sekitar yang memang sering dijadikan tempat parkir oleh para pengunjung.

Selanjutnya dari tempat parkiran ini perjalanan diteruskan dengan berjalan kaki sejauh 4 km atau sekitar 60 menit dengan berjalan kaki menuju ke lokasi parkiran Curug ini berada. Kondisi jalan setapak ini satu kilometer berupa batu kali yang ditata rapi, sedangkan sisanya masih berupa jalan tanah.

Sumber : fajarbeve07.blogspot.com

Sumber : http://www.telusurindonesia.com/curug-silangit-di-purworejo.html

Pos ini dipublikasikan di Artikel. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s