Goa Seplawan tempat wisata di Purworejo

Purworejo merupakan kota kecil yang berada dekat dengan kota Yogyakarta tepatnya berada disebelah barat kota Yogyakarta. Meskipun kota kecil namun kota ini memiliki tempat wisata yang indah salah satu tempat wisata tersebut adalah Goa Seplawan yang terletak di Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo. Goa ini berada pegunungan tepatnya di ketinggian 700 meter dpl.

Akses ke Goa Seplawan sekarang mudah, untuk kendaraan roda empat bisa mencapai lokasi dengan mudah dan sudah dilengkapi  sarana dan prasana seperti tempat parkir kendaraan. Jika pengunjung ingin menuju ke lokasi ini dari kota purworejo, maka para pengunjng harus menuju ke arah timur yaitu kaligesing. Jarak Goa Seplawan dari kota purworejo sendiri kurang lebih sekitar 20 km dan memerlukan waktu perjalanan 45 menit untuk sampai di lokasi.

Untuk kendaraan roda empat bisa mencapai lokasi dengan mudah dan sudah dilengkapi  sarana dan prasana seperti tempat parkir kendaraan. Jika pengunjung ingin menuju ke lokasi ini dari kota purworejo, maka pengunjung harus menuju ke arah timur yaitu kaligesing. Jarak Goa Seplawan dari kota purworejo sendiri kurang lebih sekitar 20 km dan memerlukan waktu perjalanan 45 menit untuk sampai di lokasi.

Perjalanan yang akan di tempuh penelusur yaitu melewati medan jalan yang menanjak dan juga berliku – liku. Sepanjang perjalanan, para penelusur akan disuguhi oleh pemandangan alam berupa bukit yang sangatlah indah ditambah dengan udara yang sejuk membuat perjalanan para penelusur akan terasa menyenangkan. Jika para penelusur ke sana saat sedang musim durian, maka sepanjang jalan menuju lokasi, para penelusur akan melihat banyaknya pedagang durian yang menjajakan dagangannya di pinggir jalan.

Dan jika para penelusur ingin menggunakan angkutan umum maka bisa naik Primkopol jalur 44 dari terminal Pasar Baledono Purworejo.

Goa ini memiliki panjang + 700 meter dengan cabang-cabang goa sekitar 150 – 300 meter dan berdiameter 15 meter. Sehingga untuk masuk ke dalam goa, para penelusur harus menyusuri anak tangga menurun yang cukup melalahkan. Namun nggak perlu khawatri, karena rasa lelah para penelusur akan terbayarkan begitu sudah memasuki mulut goa. Sebab dari mulut goa itu saja keindahan ukiran batu di dalam goa sudah terlihat jelas.

Goa Seplawan menjadi tempat yang istimewa karena disebut-sebut dalam Prasasti Kayu Arahiwang. Dalam prasasti itu dengan jelas disebutkan bahwa salah satu tempat yang harus dijaga karena kesuciannya adalah Goa Seplawan.

Namun, pernyataan tersebut ada benarnya, karena saat pertama kali ditemukan pada tanggal 28 Agustus tahun 1979, di salah satu lorong goa ditemukan sebuah arca sepasang dewa dewi yang terbuat dari emas murni. Keberadaan patung sepasang dewa dewi yang tak lain adalah Dewa Syiwa dan Dewi Parwati ( seberat 1,5 kg ) tersebut menunjukkan bahwa Goa Seplawan sebelumnya dijadikan sebagai tempat pemujaan.

Patung tersebut kemudian dibawa ke Jakarta dan disimpan di Musium Nasional Jakarta. Sebagai gantinya pemerintah, lalu membuatkan replika patung itu dan tepat diletakkan di depan mulut goa. Tujuannya adalah untuk mengingatkan kepada para penelusur bahwa goa ini pada dasarnya adalah tempat suci yang disakralkan oleh masyarakat pada zaman dahulu. Selain sakral, goa ini juga memiliki keindahan yang sangat luar biasa. Hamparan stalaktit dan stalagnit di setiap lorong goa, menciptakan kesan tersendiri bagi para penelusur saat mengujunginya. Bukan hanya itu saja, gemericik air yang menetes dari bebatuan penyusun goa mampu menenangkan hati siapapun yang masuk ke dalamnya.

Maka dari itu tak heran jika wisatawan betah berlama-lama tinggal di dalam goa tersebut. Bahkan terkadang ada yang sengaja masuk dan tinggal selama beberapa hari di dalam goa untuk melakukan berbagai ritual. Dan hal dapat dibuktikan dengan adanya aroma hioswa dan minyak wangi yang menyeruak dari salah satu ruangan di dalam goa tersebut. Dan memang sepertinya ruangan tersebut memang kerap dipakai untuk menggelar ritual.

Hal yang menarik lainnya yang ada di Goa Seplawan adalah adanya sumber air yang menyegarkan yang di atas telaganya terdapat tulisan kuno yang berbunyi Saplo wan yang memiliki arti saplu : suci . wan : manusia yang bisa di artikan Manusia suci atau tempat mensucikan manusia.

Di tempat wisata Goa Seplawan sendiri sudah di lengkapi oleh berbagai fasilitas penunjang seperti kamar mandi/WC, Mushola, Gashebo, Gardu Pandang, Aula untuk Pementasan / Pertemuan dan juga ada taman.

Dan di gardu pandang Goa Seplawan, para penelusur dapat melihat indahnya pemandangan pantai selatan, kota kulon progo, dan juga waduk sermo yang terlihat dari kejauhan.

Bahkan jika para penelusur naik di atas bukit yang ada di kawasan goa, akan melihat indahnya gunung merapi, merbabu, slamet, dan juga gunung sindoro sumbing. Oh ya saat para penelusur berwisata ke Goa Seplawan, jangan lupa juga untuk mampir ke tempat wisata yang ada di sekitar seperti curug siklotok, curug silangit, dan juga goa kiskendo.

 

 

 

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Artikel. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s